eprintid: 51227 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/27 datestamp: 2022-06-13 08:54:04 lastmod: 2022-06-13 08:54:04 status_changed: 2022-06-13 08:54:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Siti Mar’atun Nafiah, NIM.: 13480036 title: MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match dan kerjasama. note: Pembimbing : Dr.Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd abstract: Permasalahan yang bermula terjadi pada saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas seperti kerjasama siswa yang kurang kompak, partisipasi anggota kelompok kurang, banyak siswa yang bermain sendiri, tidak tertarik dengan pelajaran, diskriminasi dalam memilih teman belajar dan lain-lain. sehingga untuk menumbuhkan kemampuan kerjasama siswa, perlu diterapkan pembelajaran yang cocok. Ada banyak solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu yang dapat diterapkan adalah Make A Match. Menumbuhkan kerjasama juga melatih siswa untuk belajar sikap sosial dalam pendidikan yang berguna untuk masa depan. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Adapun tujuan penelitian ini : Mengetahui pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tingkat kemampuan kerja sama siswa kelas 3 MI Al Khoiriyah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam metode ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match terbagi menjadi 3 tahapan yaitu perencanaan (perencanaan pembuatan RPP lembar observasi kerjasama, pelaksana pembelajaran Make A Match), meyiapkan kartu berpasangan dan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match. 2.) Hasil dari observasi penelitian kerjasama siswa kategori tinggi dengan persentase 95%. Sehingga dapat di simpulkan pembelajaran kooperatif dengan Tipe Make A Match dapat menumbuhkan kemampuan kerjasama siswa MI Al Khoiriyah melikan. date: 2019-12-31 date_type: published pages: 184 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Mar’atun Nafiah, NIM.: 13480036 (2019) MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS 3 MI AL KHOIRIYAH MELIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51227/1/13480036_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51227/2/13480036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf