TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag ID - digilib51230 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51230/ A1 - Syta Rizki Nur S, NIM.: 13410128 Y1 - 2020/01/30/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak tunagrahita sebagai salah satu anak yang mempunyai kemampuan intelektual di bawah rata-rata yang bahwasanya memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan sama seperti anak normal pada umumnya. Salah satu pendidikan yang dapat diperoleh adalah Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi salah satu fokus dalam Pendidikan Agama Islam yaitu tentang pembentukan sikap religiusitas. Dalam kenyataannya pembentukan sikap religiusitas di SLB Ma?arif Muntilan pada anak tungrahita di sini masih menjadi tugas bagi seorang guru pengampu Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam membentuk religiusitas anak tunagrahita dan apa saja faktor pendukung dan penghambat bagi seorang guru PAI dalam membentuk sikap religiusitas bagi anak tunagrahita di SLB Ma?arif Muntilan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana peran guru PAI dalam membentuk religiusitas anak tunagrahita di SLB Ma?arif Muntilan serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB Ma?arif Muntilan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru PAI dalam membentuk sikap religiusitas dilakukan dengan menggunakan berbagai metode. Metode yang digunakan adalah dengan bermain peran, penggunaan media video dalam pembelajaran, pemberian teladan dan kegiatan outing class. Selain itu metode lain yang digunakan adalah dengan pembiasaan dan pengambilan ibrah. Terdapat juga metode bercerita, pembiasaan dan pemberian teladan. Dalam berbagai metode xii tersebut guru memiliki peran sebagai pembimbing, fasilitator, penegak disiplin, pelaksana pendidikan serta sebagai konselor bagi peserta didiknya. (2) Faktor pendukung peran guru PAI yaitu adanya dorongan visi, misi, dan tujuan sekolah, adanya kerjasama antar warga sekolah dan juga adanya dorongan dari orang tua. Faktor penghambatnya berasal dari keadaan siswa, sarana prasarana yang kurang memadai, dan guru yang belum dapat mengembangkan media pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran KW - Sikap Religiusitas KW - Tunagrahita M1 - skripsi TI - PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUSITAS ANAK TUNAGRAHITA DI SLB MA?ARIF MUNTILAN AV - restricted EP - 138 ER -