%0 Thesis %9 Skripsi %A YESITA KURNIA DEWI, NIM.: 15410037 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:51235 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Social Entrepreneurship, Kemandirian, Program Social %T PROGRAM SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51235/ %X Penumbuhan jiwa entrepreneurship di dalam dunia pendidikan sangat penting. Urgensi hal tersebut didasari fakta bahwa pendidikan masih menjadi garda terdepan tentang perubahan sosial. Pendidikan bisa digunakan sebagai sarana melatih jiwa entrepreneurship dan kepekaan terhadap realitas sosial. SocialEntrepreneurship adalah salah satu program di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang bertujuan menumbuhkan kreatifitas dalam hal kewirausahaan dan misi sosial di masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, deskripsi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kegiatan dan pelaksanaan Social Entrepreneurship yaitu berjualan, membuat vas bunga, mengajar TPA, mewarnai, aneka perlombaan, membuat kreasi, membersihkan lingkungan, memberikan makanan dan bakti sosial. Program Social Entrepreneurship tersebut wajib dilakukan oleh peserta didik kelas X, XI dan XII. Dalam pelaksanaan Social Entrepreneurship peserta didik mendapatkan modal dari sekolah untuk menjalankan program dan dalam program tersebut diberikan kebebasan oleh sekolah dalam menentukan bentuk kegiatan tetapi dalam hal ini sekolah memberikan batasan dalam kegiatan sosial wajib dilaksanakan di masjid, masyarakat, TPA atau panti asuhan. 2) Peserta didik menunjukkkan kesan positif karena program Social Entrepreneurship dapat melatih kemandirian, kreativitas, kekompakan dan juga bisa belajar bersosialisasi dengan masyarakat. 3) Faktor pendukung dari kegiatan tersebut adalah semangat guru dan peserta didik, dukungan dari masyarakat dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat kegiatan tersebut adalah keterbatasan waktu, kurangnya kepercayaan diri peserta didik, dan beberapa peserta didik tidak datang dalam pelaksanaan kegiatan. %Z Pembimbing : Dr. Eva Latipah, S.Ag, MAg.