TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd. ID - digilib51238 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51238/ A1 - Bayu Kuncoro Aji, NIM.: 15410089 Y1 - 2020/01/07/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalahseiring perkembangan IT 4.0 memunculkan media pembelajaran berbasis digital, sehingga menuntut sistem pembelajaran menyesuaikan kepada era tersebut, dari hal itu munculah pembelajaran berbasis ebook. Pembelajaran heutagogi dirasa tepat sebagai pendekatan pembelajaran berbasis e-book yang berupaya mewujudkan manusia dewasa, manusia yang matang dalam kegiatan belajar, dan manusia yang mampu secara mandiri memecahkan berbagai masalah tantangan perkembangan zaman. Dari hal itu peneliti tertarik untuk mengungkap sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA As-Salafiyyah Mlangi Sleman, yang menerapkan sistem pembelajaran berbasis E-book sebagai upaya penyesuaian dengan zaman kekinian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengambilan sample data menggunakan teknik snowbolinguntuk guru,sedangkansiswa menggunakan random untuk kelas 10 dan 11. Pengumpulan data melalui: wawancara, observasi, dan dukumentasi. Analisis yang digunakan ialah kwalitatif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan Triangulasi data sumber. Penelitian ini menghasilkan: (1)Sistem pembelajaran E-book di MAAs-Salafiyyah Mlangi terdiri daribeberapa komponen meliputi: tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar, metode pembelajaran, media dan evaluasi.(2)Strategi dan metode menggunakan model blended atau gabungan. Sehingga, menggabungkankegiatan konvensional dengan media digital. Strategi pelajaran Fiqih:Coorperatif Learningsedangkan metodenya ceramah, tanya jawab, diskusi, dan presentasi,pelajaran Alqur?an Hadist:InquiriLearning dan ceramah, penugasan, diskusi,dan presentasi.Sedangkanpelajaran SKI dan Akidah Akhlak:Coorperatif Learning, metodenya dengan ceramah, diskusi, penugasan, dan presentasi. Aplikasi yang digunakan ialah Mawaris, Kamus, Maktabah Syamilah, Dan Tanya Jawab.(3) Hasil yang dicapai melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis E-book di MA As-Salafiyyah Mlangi Sleman menurut aspek kognitif, afeksi dan psikomotorik. (a) Kognitif: media tablet sebagai sumber belajar dapat memudahkan siswa dalam mendukung tercapainya kompetensi menganalisis dan mensintetis, media tablet sebagai sumber belajar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran (b) Afeksi: melalui strategi koorperatif dan Inquiri dengan metode diskusi mampu menumbuhkan sifat menghargai dan mengorganisasi,dengan adanya media tabletmemudahkan siswa dalam memperluas kajian suatu materi yang mendalam, sehingga dapat mencapai tahap pola hidup. (c) Psikomotorik, melalui strategi koorperatif dan Inquiri dengan metode diskusi mampu mencapai pada tahap merangkaikan, adanya media tablet dalam sistem pembelajaran berbasis E-bookdapat menampilkan audio-visualmemudahkan siswa dapat meniru untuk mempraktikan materi secara tepat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem Pembelajaran KW - PAI KW - E-book M1 - skripsi TI - SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-BOOK DI MA AS-SALAFIYYAH MLANGI SLEMAN AV - restricted EP - 225 ER -