eprintid: 51246 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/46 datestamp: 2022-06-23 04:47:27 lastmod: 2022-06-23 04:47:27 status_changed: 2022-06-23 04:47:27 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Mutamimah, NIM.: 15410112 title: HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: mot_ivasi divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kecerdasan adversitas, motivasi belajar, prestasi belajar Fikih note: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M. Si. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah ketika prestai belajar dijadikan tolak ukur kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa. Apabila prestasi belajar siswa baik maka siswa mempunyai kuantitas dan kualitas yang baik, salah satu masalah yang harus mendapat perhatian adalah tidak seimbangya hasil prestasi belajar fikih. Seperti prestasi belajar fikih siswa kelas XI tidak semua baik, ada beberapa yang belum memenuhi standar lulus. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu faktor psikologis siswa, diantaranya kecerdasan adversitas dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan adversitas dengan prestasi belajar Fiqih, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar Fiqih, serta pengaruh kecerdasan adversitas dan motivasi belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek berjumlah 295, teknik sampling yang digunakan adalah dengan berdasarkan nomogram Henry King dan menggunakan taraf kesalahan10 %, jika jumlah populasi sebesar 295 maka sampelnya sebesar 141 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan metode skala psikologi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji korelasi produt moment, dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 72-83 dengan persentase sebanyak 53% (2) Kecerdasan Adversitas siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 55 - 64 dengan persentase 44 % (3) Motivasi Belajar siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 69 – 77 dengan persente 41,8% (4) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara kecerdasan adversitas dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Siswa kelas XI dengan koefisien korelasi sebesar 0,139 yang menunjukan tingkat korelasi sangat rendah dengan nilai signifikansi 0,050 > 0,05, (5) Terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih Siswa kelas XI dengan koefisien korelasi sebesar 0,058 yang menunjukan tingkat korelasi sangat rendah dengan nilai signifikansi 0,249 > 0,05 (6) Tidak ditemukan pengaruh secara bersamaan antara kecerdasan adversitas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakart date: 2019-12-19 date_type: published pages: 193 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mutamimah, NIM.: 15410112 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN ADVERSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51246/1/15410112_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51246/2/15410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf