%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Khusna Munawaroh, NIM.: 15410183
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH  DAN KEGURUAN
%D 2020
%F digilib:51249
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Penanaman, Nilai-Nilai Akhlak, Budaya Generasi  Milenial
%P 151
%T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM  GENERASI MILENIAL PADA MAHASANTRI DI  PONDOK PESANTREN AN NASTH MLANGI  YOGYAKARTA   SKRIPSI
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51249/
%X Latar belakang penelitian ini adalah derasnya arus  globalisasi yang mempengaruhi perubahan struktural khususnya  generasi muda. Dalam rangka menjadikan generasi penerus yang  berakhlakul karimah, pondok pesantren salah satu lembaga non  formal yang sangat berperan dalam hal penanaman akhlak bagi  mahasantri. Akhlak dalam Islam memiliki kedudukan yang  sangat penting. Pondok pesantren di lingkungan masyarakat  harus memilki nilai lebih dalam mananamkan nilai-nilai akhlak  terhadap mahasantri.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field  research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam  penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang  digunakan yaitu teknik triangulasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses  penanaman nilai-nilai akhlak mahasantri di Pondok Pesantren An  Nasyat Mlangi Yogyakarta dilakukan melalui kegiatan,  penanaman akhlak kepada Allah Swt yaitu dengan melakukan  shalat wajib dan sunnah, membaca Al-Qur’an, mengkaji kitab,  tadarus Al-Qur’an, dan mujahadah. Penanaman akhlak kepada  Rasulullah Saw yaitu dengan meneladani dan mengamalkan  empat sifat wajib bagi Rasull. Penanaman akhlak kepada  masyarakat yaitu dengan memberikan kemanfaatan bagi orang  lain dan berdakwah menyampikan kebaikan walau satu ayat. 2)  implementasi dari penanaman nilai-nilai akhlak mahasantri  secara keseluruhan telah berhasil dengan indikator lahirnya  pribadi yang berakhlak mulia melalui sikap takwa dan lahirnya  sikap tanggung jawab atas apa yang diperintahkan oleh  mahasantri. 3) faktor pendukung penanaman nilai-nilai akhlak  Mahasantri adalah adanya peraturan, adanya bimbingan,  rekrutmen guru berkualitas dan kaderisasi asisten guru. Faktor  penghambat yaitu, latar belakang keluarga, psikologi diri sendiri,  lingkungan kampus, dan sosial media.
%Z Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M.Ag