TY - THES N1 - Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., MA ID - digilib51251 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51251/ A1 - Sakinah, NIM: 16410092 Y1 - 2020/01/24/ N2 - Al-Qur?an adalah sesuatu yang diharuskan untuk dipelihara baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk hafalan. Masalah menghafal Al-Qur?an memerlukan metode-metode baru supaya dapat menarik hati anak kecil hingga dia mau duduk tenang dan menmperhatikan pengajarannya agar mudah baginya menghafal Al-Qur?an. SD Qurrota A?yun adalah lembaga pendidikan sekolah yang memiliki program unggulan yakni Tahfidz Al-Qur?an dengan target 2 juz yakni juz 30 dan juz 29. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan mayoritas siswa SD Qurrota A?yun yang lulus kelas VI mampu menghafalkan 4 juz yakni juz 30, 29, 28 dan 27. SD Qurrota A?yun dalam Tahfidz Al-Qur?an menggunakan beberapa metode dalam menghafal Al- Qur?an. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan oleh para ustadz/ustadzah dalam Tahfidz Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun. (2) Untuk menganalisis hasil pencapaian Tahfidz Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 12 sampel yakni 4 ustadz/ustadzah yang terdiri dari 2 ustadz, 2 ustadzah, dan 8 siswa yang terdiri dari 4 siswa putra dan 4 siswa putri SD Qurrota A?yun Yogyakarta. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Tahfidz Al-Qur?an yang digunakan oleg ustadzah putri ada enam metode yakni metode klasikal baca sima?, Talqin Talqiyyah, kitabah, setoran, individual/privat, dan jama?. Sedangkan pada ustadz putra menggunakan lima xi metode yakni metode Talqin Talqiyyah, kitabah, muraja?ah klasikal, gerak bunyi, dan jama?. Terdapat beberapa persamaan metode yang digunakan oleh guru putri dan guru putra yaitu metode talqin talqiyyah, metode kitabah, dan metode jama?. (2) Hasil pencapaian Tahfidz Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun pada siswa putri lebih unggul dari siswa putra, hal ini dibuktikan dengan data penilain yang menunjukkan bahwa siswa putri100% sudah mencapai target sedangkan pada siswa putra 90% yang sudah mencapai target. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode KW - Tahfidz Al-Qur?an. M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE TAHFIDZ AL-QUR?AN DI SD QURROTA A?YUN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL AV - restricted EP - 206 ER -