eprintid: 51257
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 12241
dir: disk0/00/05/12/57
datestamp: 2022-06-23 05:41:12
lastmod: 2022-06-23 05:41:12
status_changed: 2022-06-23 05:41:12
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: sophanshofwan@gmai;.com
creators_name: Neneng Hariyani, NIM. 16410084
title: PENGARUH PENDIDIKAN SOFT SKILL
TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN
DAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU
( Studi pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
ispublished: pub
subjects: P
subjects: ust_
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Pendidikan Soft Skill, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial
note: Pembimbing : Dr. H. Karwadi, M.Ag
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah idealnya mahasiswa terutama calon guru dengan adanya Pendidikan Soft Skill sebagai mata kuliah dalam Prodi PAI, diharapkan kemampuan lunaknya meningkat. Kemampuan yang dimaksud yaitu kompetensi kepribadian dan sosial. Akan tetapi masih ada mahasiswa yang belum mencerminkan kompetensi kepribadian dan sosial dengan baik. oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pendidikan soft skill di Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2) Untuk mendekripsikan tingkat pendidikan soft skill di Prodi PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3) Untuk mendekripsikan tingkat kompetensi kepribadian dan sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga. 4) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian dan sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Prodi PAI yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Soft Skill yaitu sebanyak 69 mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran Pendidikan Soft Skill di Prodi PAI lebih banyak menggunakan metode ceramah interaktif dan refleksi yaitu melakukan project untuk mengubah diri sendiri (intrapersonal) maupun yang berhubungan dengan orang lain (interpersonal). 2) Tingkat Pendidikan Soft Skill di Prodi PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum dapat dikategorikan sedang dengan presentase sebesar 62,3%. 3) Kompetensi kepribadian calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 75,4%. Sedangkan kompetensi sosialnya secara umum dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 72,5%. 4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,307. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian sebesar 30,7%. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pendidikan soft skill terhadap kompetensi sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien dterminasi (R square) sebesar 0,225. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi sosial sebesar 22,5%.
date: 2020-01-28
date_type: published
pages: 215
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH  DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Neneng Hariyani, NIM. 16410084  (2020) PENGARUH PENDIDIKAN SOFT SKILL TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU ( Studi pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51257/1/16410084__BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51257/2/16410084_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf