eprintid: 51257 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/57 datestamp: 2022-06-23 05:41:12 lastmod: 2022-06-23 05:41:12 status_changed: 2022-06-23 05:41:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Neneng Hariyani, NIM. 16410084 title: PENGARUH PENDIDIKAN SOFT SKILL TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU ( Studi pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ispublished: pub subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Soft Skill, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial note: Pembimbing : Dr. H. Karwadi, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini adalah idealnya mahasiswa terutama calon guru dengan adanya Pendidikan Soft Skill sebagai mata kuliah dalam Prodi PAI, diharapkan kemampuan lunaknya meningkat. Kemampuan yang dimaksud yaitu kompetensi kepribadian dan sosial. Akan tetapi masih ada mahasiswa yang belum mencerminkan kompetensi kepribadian dan sosial dengan baik. oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pendidikan soft skill di Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2) Untuk mendekripsikan tingkat pendidikan soft skill di Prodi PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3) Untuk mendekripsikan tingkat kompetensi kepribadian dan sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga. 4) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian dan sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Prodi PAI yang mengikuti mata kuliah Pendidikan Soft Skill yaitu sebanyak 69 mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran Pendidikan Soft Skill di Prodi PAI lebih banyak menggunakan metode ceramah interaktif dan refleksi yaitu melakukan project untuk mengubah diri sendiri (intrapersonal) maupun yang berhubungan dengan orang lain (interpersonal). 2) Tingkat Pendidikan Soft Skill di Prodi PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum dapat dikategorikan sedang dengan presentase sebesar 62,3%. 3) Kompetensi kepribadian calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 75,4%. Sedangkan kompetensi sosialnya secara umum dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 72,5%. 4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,307. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi kepribadian sebesar 30,7%. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pendidikan soft skill terhadap kompetensi sosial calon guru PAI, FITK, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien dterminasi (R square) sebesar 0,225. Sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh pendidikan soft skill terhadap kompetensi sosial sebesar 22,5%. date: 2020-01-28 date_type: published pages: 215 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Neneng Hariyani, NIM. 16410084 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN SOFT SKILL TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU ( Studi pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51257/1/16410084__BAB-I_ATAU_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51257/2/16410084_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf