TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si ID - digilib51265 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51265/ A1 - Nur Aziz Hidayatulloh, NIM.: 14490096 Y1 - 2019/12/03/ N2 - Latar belakang dalam penelitian ini bermula ketika peneliti membaca buku Sekolah Biasa Saja oleh Toto Raharjo perihal konsep pendidikan yang ada di Salam. Dalam realitanya mempunyai ciri khas dalam proses penyelenggaraan jasa pendidikan yang ada di Salam. Ketertarikan peneliti terkhusus dalam hal strategi apa yang digunakan Salam sebagai proses pemasaran dalam menjalankan roda organisasi yang menjual jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang ada dalam perkembanganya di Salam yang digunakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian peneliti mengolah data yang telah di dapatkan dilapangan dengan berawal dari transkrip wawancara sampai intrepetasi data. Penelitian ini dilakukan dii Sanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Sanggar Anak Alam (SALAM) sembagai lembaga pendidikan alternatif mempunyai kekuatan dalam pemasaran 1. Konsep pemasaran melalui jejaring antara pengguna jasa dan pemerhati pendidikan 2. Perencanaan pemasaran di SALAM telah memuat unsur penting dalam perencanaan seperti rencana program, sistem anggaran, SDM, sarana dan prasarana. 3. Proses pemasaran dalam pelaksanaanya memenuhi unsur-unsur bauran pemasaran yang terdiri dari : produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, bukti fisik dan proses. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Pemasaran KW - Jasa Pendidikan KW - Sekolah Alternatif M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN, YOGYAKARTA AV - restricted EP - 149 ER -