eprintid: 51267 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/67 datestamp: 2022-06-24 02:53:38 lastmod: 2022-06-24 02:53:38 status_changed: 2022-06-24 02:53:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Luthfi Setya Rahmadani, NIM.: 15490015 title: MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kur_pen subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Kurikulum, Boarding School, Program Ilmu Keagamaan note: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses berjalannya manajemen kurikulum pada program Ilmu Keagamaan di MA Mafaza dimulai dari tahap perencanaan hingga pada tahap evaluasi kurikulum, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses berjalannya manajemen kurikulum di MA Mafaza dan hasil dari penerapan kurikulum pada program Ilmu Keagamaan di MA Mafaza. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Kelas Program Ilmu Keagamaan dan Ustadz-Ustadzah yang mengajar di Asrama MA Mafaza dengan mempertimbangkan 3M mengetahui, memahami dan mengalami. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, Transkip, Coding, Grouping, Comparing and Contrasting dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berjalannya kurikulum di MA Mafaza terdiri dari perencanaan kurikulum dengan mengadakan rapat kerja diawal tahun. Pengorganisasian kurikulum bertujuan untuk melakukan koordinasi, pembagian tugas dan tanggung jawab sesuai dengan keahliannya. Pelaksanaan kurikulum di MA Mafaza tidak hanya kegiatan pembelajaran melainkan seluruh kegiatan atau program yang disesuiakan dengan kurikulum yang diterapkan. Pengawasan kurikulun dengan melakukan supervisi baik dari pengawas atau madrasah. Evaluasi kurikulum MA Mafaza meliputi evaluasi kurikulum secara keseluruhan dan evaluasi hasil belajar siswa-siswi MA Mafaza. Faktor pendukung, terdapatnya sistem Boarding School, tenaga pendidik sesuai dengan kualifikasi dan terdapat program Adiwiyata. Faktor penghambat, kurangnya berdisiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana pendukung dan kurangnya berdisiplinnya para tenaga pendidik. Hasil penerapan manajemen kurikulum pemahaman Ilmu Agama Islam yang mendalam, tercapainya program di MA Mafaza, prestasi yang diraih oleh para peserta didik, tingkat kelulusan tingkat kelulusan yang ada di MA Mafaza cukup baik walaupun baru meluluskan satu angkatan akan tetapi semua siswa kelas XII lulus dengan memuaskan. animo masyarakat semakin tahun semakin membaik, karena masyarakat sudah mengetahui keunggulan yang terdapat di MA Mafaza, sehingga banyak masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di MA Mafaza date: 2019-12-05 date_type: published pages: 247 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luthfi Setya Rahmadani, NIM.: 15490015 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS BOARDING SCHOOL PADA PROGRAM ILMU KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH MAFAZA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51267/1/15490015_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51267/2/15490015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf