eprintid: 51268 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/68 datestamp: 2022-06-24 02:59:31 lastmod: 2022-06-24 02:59:31 status_changed: 2022-06-24 02:59:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Wakid Nur Salim, NIM.: 15490036 title: SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: manj_pend divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Penjaminan dan Pengendalian Mutu, Supervisi Klinis dan SMA Sains Al-Qur’an note: Pembimbing : Drs. Jamroh Latief, M.Si abstract: Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti pada upaya strategis dan sistematis di SMA Sains Al-Qur’an dalam menjamin mutu pendidikan yaitu dengan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi klinis sebagai upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan supervisi, dan hasil supervisi klinis sebagai upaya penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan di SMA Sains Al-Qur’an Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Sains Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, supervisor dan guru mata pelajaran Kimia, Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan SMA Sains Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) SMA Saisns Al-Qur’an menggunakan Sistem Penjaminan Mutu Internal – Sekolah dan Madrasah yang memposisikan supervisi klinis sebagai strategi pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan 2) Faktor yang mendukung adalah kompetensi supervisor dan komitmen serta kemauan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan 3) Hasil penilaian kinerja guru NH pra siklus sebesar 77, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 83,7, setalah siklus 2 hasil penilaian meningkat mejadi 89.5. Hasil penilain kinerja guru IS pra siklus sebesar 77, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 84,8, setelah siklus 2 hasil penilaian meningkat mejadi 89,7. Hasil penilaian kinerja guru LAF pra siklus sebesar 68, setelah siklus 1 hasil penilaian meningkat menjadi 79, dan setelah siklus 2 hasil penilaian meningkat menjadi 85,5 date: 2020-01-07 date_type: published pages: 191 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wakid Nur Salim, NIM.: 15490036 (2020) SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN DAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51268/1/15490036_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51268/2/15490036_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf