%A NIM.: 16490010 Zahrotun Salimah %O Pembimbing : Rinduan Zain, S. Ag, MA %T PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan dan besaran pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan sikap toleransi siswa. Teori Lima Dimensi Pendidikan Multikultural James. A Banks dan Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara menjadi teori yang akan diuji dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Yogyakarta dengan populasi seluruh siswa sejumlah 805 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode stratified random sampling sehingga didapatkan responden 271 siswa. Dalam penelitian ini, variabel independen berupa lingkungan sekolah dan variabel dependen berupa sikap toleransi. Sementara itu, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa menggunakan analisis korelasi bivariat dan analisis regresi linier sederhana menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 16. Analisis korelasi biviariat menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0.430 dan nilai signifikansi 0.000 atau lebih kecil dari α = 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan positif antara Lingkungan Sekolah dan sikap toleransi dengan kategori kolerasi cukup sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sementara itu, analisis regresi linier sederhana menghasilkan R2 sebesar 0.185. Sehingga besaran pengaruh lingkungan sekolah ke sikap toleransi ialah 18.5 %. Selanjutnya, persamaan regresi Y = 37.621 + 0.525 X. Nilai signifikansi uji regresi adalah 0.000 dengan thitung > ttabel = 7.815 > 1.968. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, Lingkungan Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan sikap toleransi siswa di SMA Negeri 8 Yogyakarta sebesar 53 %. %K Lingkungan Sekolah dan Sikap Toleransi. %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51273