TY - THES N1 - Pembimbing: Rinduan Zain, S.Ag., MA., ID - digilib51274 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51274/ A1 - Ika Muslihatun Nadliroh Al-Ismaily, NIM. 16490004 Y1 - 2020/02/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan besaran pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini didasarkan pada teori Mulyasa tentang peningkatan kinerja guru dan teori Maslow tentang lima hierarki kebutuhan. Populasi dalam penelitian ini sebesar 121 guru. Berdasarkan pada formula Slovin didapatkan sampel sebanyak 93 orang (77% dari populasi). Teknik pengambilan sampel menggunakan kaidah probability sampling dengan bantuan random table. Variabel independen pada penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2), sedangkan variabel dependennya adalah kinerja guru (Y). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 23. Hasil analisis korelasi bivariat antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,619 dan nilai signifikansi 0,000 < ? = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan kategori kuat. Hasil uji korelasi parsial mengahasilkan koefisien sebesar 0,495 dengan nilai signifikansi 0,000 < ? = 0,05. Perbandingan koefisien korelasi bivariat dan koefisien korelasi parsial ialah ryx > ryx.z = 0,619 > 0,495, artinya korelasi yang terjadi antara xiii kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SMK Negeri 4 Yogyakarta ternyata sporious karena variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) tidak berhubungan secara linear terhadap variabel kinerja guru (Y) dikarenakan adanya mediasi dari variabel motivasi kerja (X2). Selanjutnya, analisis regresi linear ganda menghasilkan R2 sebesar 0,402. Artinya, variabilitas kinerja guru mampu diterangkan oleh variabilitas kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja sebesar 40%. Sementara itu, sebesar 60% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. Persamaan regresinya adalah Y = 0,168 + 0,663X1+ 0,188X2 artinya kontribusi variabel kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Yogyakarta terhadap variabel kinerja guru sebesar 66,3% sedangkan kontribusi variabel motivasi kerja terhadap variabel kinerja guru sebesar sebesar 18,8%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kepemimpinan Kepala Sekolah KW - Motivasi Kerja KW - dan Kinerja Guru M1 - skripsi TI - PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 201 ER -