eprintid: 51281 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/05/12/81 datestamp: 2022-06-24 04:38:09 lastmod: 2022-06-24 04:38:09 status_changed: 2022-06-24 04:38:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmai;.com creators_name: Nur Abdullah, NIM.: 14430029 title: IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL ispublished: pub subjects: s_piaud subjects: sos_per divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Permainan, Outdoor Learning, Perkembangan Sosial Emosional note: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan Outdoor Learning, mengetahui relevansi permainan Outdoor Learning dengan perkembangan sosial emosional anak, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan metode permainan Outdoor Learning dalam perkembangan sosial emosional anak kelompok A2 RA Insan Mulia Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A2 RA Insan Mulia Bambanglipuro tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 14 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 9 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, yang merupakan penyajian data dalam tulisan dan penjelasan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh. Pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi, mengecek kebenaran data berdasarkan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini adalah: 1) kegiatan Outdoor Learning di sentra bahan alam menggunakan 4 pijakan main, pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. 2) Outdoor Learning mempermudah anak dalam berinteraksi secara langsung, meningkatkan antusias anak, meningkatkan sikap kooperatif dan terkontrolnya emosi anak. Setelah sering dilakukan permainan berbasis Outdoor Learning, tingkat perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 3) Faktor pendukung: visi misi, sarana dan prasarana, guru, siswa yang aktif, sistem yang baik, keteladanan guru dan partisipasi orang tua. Faktor penghambat: cuaca, keterbatasan waktu, terbatasnya media/alat. date: 2019-07-10 date_type: published pages: 128 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Abdullah, NIM.: 14430029 (2019) IMPLEMENTASI PERMAINAN BERBASIS OUTDOOR LEARNING RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK A2 RA INSAN MULIA BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51281/1/14430029-BAB-I_V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51281/2/14430029_BAB-II_III_IV_V.pdf