%0 Thesis %9 Skripsi %A Deddy Arya Nugraha, NIM.: 14430061 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:51282 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Sentra main peran, Pembentukan sosial emosional %P 125 %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBENTUKAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI RA TIARA CHANDRA KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51282/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra main peran dalam pembentukan sosial-emosional anak pada kelompok B di RA Tiara Chandra. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi model pembelajaran sentra main peran dalam pembentukan sosial-emosional anak kelompok B di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek anak dan guru kelas sentra main peran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dengan reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pembentukan sosial emosional anak di RA Tiara Chandra sebagai berikut : perkembangan sosial-emosional anak secara keseluruhan berjalan baik sesuai indicator,namun peneliti menemukan satu anak yang belum berkembang sesuai harapan, perlunya kerjasama antara guru dan anak dalam pembentukan sosial-emosional anak. Hasil pengamatan pada kelompok B di RA Tiara Chandra sudah terbentuk sosial emosional anak pada sentra main peran. Faktor pendukung penerapan sentra main peran dalam pembentukan sosial emosional, anak-anak sangat antusias memainkan beberapa peran yang ada, alat main peran sangat menarik, guru yang kreatif dan tersedianya kurikulum. Faktor penghambat penerapan sentra main peran yaitu mood anak, kurangnya pemahaman anak saat menjalankan peran dan pilihan mainan yang membuat anak mengambil mainan yang belum waktunya digunakan. %Z Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A