%0 Thesis %9 Skripsi %A Desy Rahmawati, NIM: 15430023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:51286 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kerjasama, Outbound Kids, Pembelajaran, Anak usia dini. %P 224 %T PENGEMBANGAN ASPEK KERJASAMA ANAK MELALUI OUTBOUND KIDS DI KELOMPOK B2 TKIT MUTIARA INSANI KULONPROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51286/ %X Berdasarkan pengamatan, penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan aspek kerjasama anak di kelompok B2 TKIT Mutiara Insani Kulonprogo terbilang masih rendah sehingga diperlukan kegiatan untuk menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aspek kerjasama anak melalui kegiatan outbound kids pada anak kelompok B2 TKIT Mutiara Insani Kulonprogo dengan subjek 27 anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian PTK atau sering disebut dengan penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kurt Lewin dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui outbound kids yang diantaranya estafet karet, estafet jarik dan puzzle dapat meningkatkan kemampuan aspek kerjasama anak sehingga terdapat peningkatan antara sebelum dan sesudah di berikan kegiatan outbound kids serta terdapat pengaruh terhadap aspek kerjasama anak pada kelompok B2 TKIT Mutiara Insani Kulonprogo. (1) Pengembangan aspek kerjasama sebelum tindakan yaitu mencapai pada kategori mulai berkembang dengan persentasenya yaitu 25,9%. (2) Pelaksanaan kegiatan outbond kids pada kelompok B2 TKIT Mutiara Insani Kulonprogo terbukti dapat meningkatkan kemampuan aspek kerjasama anak. Kegiatan pelaksanan outbond kids berhasil meningkat dimana pada pra siklus mencapai pada kategori rendah, pada siklus I mengalami peningkat menjadi kategori tinggi, dan pada siklus ke II meningkat menjadi kategori sangat tinggi. (3) Setelah di lakukan kegiatan oubound kids, terjadi peningkatan kemampuan aspek kerjasama anak. Kemampuan aspek kerjasama anak sebelum tindakan mencapai pada xi kategori mulai berkembang dengan persentasenya yaitu 25,9%. Pada siklus I mencapai perkembangan dengan kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik dengan jumlah persentase 63,62%. Pada peningkatan siklus II yaitu mencapai kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik dengan jumlah persentase 92,52%. Dari hasil yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa kemampuan aspek kerjasama anak kelas B2 TKIT Mutiara Insani Kulonprogo dapat di tingkatkan melalui kegiatan outbound kids. %Z Pembimbing : Dr. Hibana, S.Ag.,M.Pd.