TY - THES N1 - Pembimbing: Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I. ID - digilib51288 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51288/ A1 - Fina Amanatun Nafisah, NIM.: 15430031 Y1 - 2019/12/26/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap metode kumon dengan lembar kerja yang menuntut siswa belajar secara perseorangan dan mandiri, ketika anak sudah belajar secara mandiri bagiaman implementasi metode kumon dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini (2-3 tahun) di kelas kumon tandan raya bantul yang kemampuan motorik halusnya masih kurang optima. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)implementasi metode kumon dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini (2-3 tahun) di kelas kumon tandan raya bantul. (2) motorik halus apa saja yang dikembangkan metode kumon pada anak usia dini (2-3 tahun) di kelas kumon tandan raya bantul. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode kumon dalam mengembengkan motorik halus anak usia dini (2-3 tahun) di kelas kumon tandan raya bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulitataif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi metode kumon itu sendiri dilakukan sesuai dengan pedoman metode kumon, yaitu anak belajar dengan lembar kerja sesuai dengan kemampuan masing-masing anak, lembar kerja untuk siswa prasekolah usia 2-3 tahun yaitu zun zun atau menarik garis, setelah anak belajar mengerjakan lembar kerja selanjutnya anak belajar dengan alat batu, seperti bermain PBM (Papan Bilangan Magnetik), bermain flash card, membaca daftar bilangan. Dengan alat bantu pembelajaran dapat meningkatakan perkembangan motorik halus anak. (2) motorik halus yang dikembangkan metode kumon yaitu: anak dapat menarik garis, mampu membuka lembar kerja sendiri, anak mampu bermain menyusun PBM dengtan mandiri, dan anak mampu mengerakan tangan jari menunjuk pola angka pada lembar flash card. (3) faktor pendukung meliputi: sarana dan prasarana yang memadai, antusias anak ketika belajar menjadi semangat, serta dukungan orang tua yang selalu memotivasi anak, sedangkan faktor penghambar yakni kondisi anak dengan mood yang tidak baik,dan asiten (pengajar) yang tidak berangkat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Motorik Halus KW - Metode Kumon KW - Anak Usia Dini (2-3 Tahun) M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE KUMON DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI (2-3 TAHUN) DI KELAS KUMON TANDAN RAYA BANTUL AV - restricted EP - 135 ER -