TY - JOUR ID - digilib51306 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51306/ IS - 2 A1 - KUNI ISNA ARIESTA FAUZIAH, - A1 - MUH. WASITH ACHADI, - Y1 - 2021/06// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program pembelajaran afkaaruna paket pembelajaran al-dirasah al-islamiyyah dapat membentuk karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini: 1) Konsep program pembelajaran ALP Diris adalah kegiatan pembelajaran agama yang bersumber dari salah satu dari tiga pilar madrasah: Islam, nilai-nilai budaya lokal, dan internasional, dengan tujuan meliputi atau melengkapi mata pelajaran agama. 2) Pelaksanaan program ALP Diris meliputi berbagai kegiatan seperti: ibadah keagamaan, sandang, hafalan surat pendek dan doa harian, qiro'atul Qur'an, tiang, hafalan asma'ulhusna yang dilaksanakan setiap hari. melalui metode role model. 3) Hasil program pembelajaran Diris ALP dalam membentuk karakter religius dikatakan baik dalam pelaksanaannya. Lain halnya dengan teori Thomas Lickona, yang meliputi: mengetahui yang baik, siswa mengetahui ajaran ibadah yaumiyyah, cara membaca dan menulis Alquran yang baik dan benar. Menginginkan siswa yang baik dapat memahami dan mencintai apa yang telah diajarkan guru. Berbuat baik siswa melaksanakan kegiatan dalam program ALP Diris dalam kehidupan sehari-hari JF - Jurnal Pendidikan Agama Islam VL - 8 KW - Program Pembelajaran KW - ALP Diris KW - Karakter Religius SN - p-ISSN: 2407-4616 e-ISSN:2654-3575 TI - PROGRAM PEMBELAJARAN AFKAARUNA LEARNING PACK ALDIRASAH ALISLAMIYYAH (ALP DIRIS) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA SP - 333 AV - public EP - 344 ER -