relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51394/ title: INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA) creator: Anisah Nur’aini, NIM.: 15250063 subject: Pekerjaan Sosial subject: DISABILITAS description: Pelaksanaan pendidikan inklusi dengan siswa dari berbagai latar belakang dan kemampuan belajar berada di kelas yang sama, memerlukan penyesuaian satu sama lain. Berbagai peran dibutuhkan dalam mewujudkan pendidikan inklusi, seperti: orang tua, guru, pemerintah, dan masyarakat sekitar penting sebagai upaya mendukung pelaksanaan pendidikan inklusi di lingkungan. Pekerjaan sosial hadir sebagai perantara pemerintah - masyarakat – sekolah - orang tua - murid. Paradigma masyarakat terutama guru yang masih menganggap siswa difabel sebagai beban sehingga sulit untuk ditangani. Pekerja sosial sekolah berupaya untuk meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap difabel untuk mengoptimalkan proses belajar. Praktik pekerjaan sosial berupaya mengolaborasikan seluruh peran yang ada terutama sekolah dan keluarga. Skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian partisipatif action research. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran pekerjaan sosial cukup berhasil menciptakan perubahan sosial. Peneliti melibatkan seluruh support system yang ada di sekitar siswa difabel untuk mencapai keberhasilan. Proses intervensi yang dilakukan peneliti di antaranya engagement, assesmen, planning, pelaksanaan intervensi, monitoring, evaluasi, dan terminasi. Pelaksanaan Intervensi dilakukan di sekolah maupun di rumah. Peneliti mengoordinasikan sistem sumber yang ada dan memaksimalkan potensi yang ada. Peneliti berperan sebagai broker/perantara, enabler/pemercepat perubahan, fasilitator, educator, konselor, dan advocator. Peran-peran tersebut dilakukan sesuai kebutuhan siswa difabel. date: 2020-01-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51394/1/15250063_BAB%20I_V_DAFTAR%20PUTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51394/2/15250063_BAB%20II_SEBELUM%20BAB%20TERAKHIR.pdf identifier: Anisah Nur’aini, NIM.: 15250063 (2020) INTERVENSI PEKERJAAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI KASUS TK ABA JANTURAN KELURAHAN WARUNGBOTO, KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.