eprintid: 51398 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/13/98 datestamp: 2022-06-24 04:01:08 lastmod: 2022-06-24 04:01:08 status_changed: 2022-06-24 04:01:08 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ika Puji Astuti, NIM.: 15430101 title: UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020 ispublished: pub subjects: pen_anak subjects: ust_ divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Upaya Guru, Meningkatkan Keterampilan Sosial note: Pembimbing: Dr. Ichsan, M. Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak serta faktor pendukung dan penghambat keterampilan sosial anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan dan mengambarkan mengenai keadaan di tempat penelitian menggunakan rangkaian kata-kata dengan mengambil subyek penelitian anak-anak kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman yang berjumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keterampilan sosial anak di kelompok B TK ABA Kalibulus Ngemplak Sleman yaitu diantaranya: (1) Membiasakan anak mengucap “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”, (2) Kegiatan bermain bersama atau bermain sosial, (3) Kegiatan makan bersama, dan (4) Kegiatan bercerita. Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan sosial anak tentu tidak berjalan dengan mudah. Guru juga menemukan beberapa hal yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan keterampilan sosial anak. Faktor pendukungnya adalah teladan baik dari guru, media pembelajaran yang memadahi, peran serta orang tua dalam mendidik anak. Ada pula faktor penghambatnya adalah kesehatan anak yang kurang baik, anak yang pendiam yang menarik diri dari lingkungan sosial, anak yang sulit mengikuti aturan dan pola asuh orang tua yang salah. date: 2019-12-26 date_type: published pages: 101 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ika Puji Astuti, NIM.: 15430101 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK ABA KALIBULUS NGEMPLAK SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51398/1/15430101_BAB%20I%20%2CII%2CIII%2CIV%2CV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51398/2/15430101_BAB%20II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf