eprintid: 51518 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/15/18 datestamp: 2022-06-28 07:26:20 lastmod: 2022-06-28 07:26:20 status_changed: 2022-06-28 07:26:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yunimar Kholishah, NIM.: 18102020029 title: BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT PROVINSI SUMATRA BARAT ispublished: pub subjects: bim_kons divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Potensi Diri note: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag., M.Si abstract: Potensi diri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki manusia sejak ia dilahirkan yang diberikan oleh Allah SWT. Namun banyak sekali manusia yang masih kurang sadar atas kemampuan yang dimilkinya, ada juga yang sudah mengetahui potensi diri yang dimiliki namun kurang percaya diri untuk mengembangkannya. Siswa kelas XI seharusnya sudah mampu mengetahui apa itu potensi diri dan mengetahui potensi diri yang dimilikinya, siswa IPS umumnya memiliki potensi diri ekstrakurikuler namun kurangnya kesadaran untuk mencari tahu potensi diri yang dimiliki dan kurang percaya diri untuk mengembangkannya. Upaya yang dilakukan untuk menyadarkan dan membantu mengembangkan potensi diri siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatra Barat salah satunya dengan adanya bimbingan Pribadi sosial yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling di sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis berusaha mendeskripsikan dan menganalisis metode bimbingan pribadi sosial yang diberikan guru bimbingan konseling untuk mengembangkan potensi diri siswa kelas XI IPS SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatra Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh dari hasil observaso, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK dan siswa kelas XI IPS. Analisis data dilakukan dengan menyusun dan mengolah data yang diperoleh dari lapangan, kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Cara mengetahui keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bimbingan pribadi sosial dapat membantu mengembangkan potensi diri siswa kelas XI IPS , dilihat dengan perkembangan klien atau siswa dalam mengikuti lomba sesuai potensi diri yang dimiliki dan mengikuti organisasi sesuai minat. Metode yang digunakan dalam melaksanakan bimbingan pribadi sosial yaitu dengan menggunakan metode langsung meliputi konseling individu, bimbingan kelompok (diskusi kelompok dan organisasi), serta metode tidak langsung meliputi papan bimbingan dan majalah dinding (mading) sekolah. date: 2022-05-23 date_type: published pages: 89 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yunimar Kholishah, NIM.: 18102020029 (2022) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT PROVINSI SUMATRA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51518/1/18102020029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51518/2/18102020029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf