@phdthesis{digilib51563, month = {April}, title = {PROSES PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18102040065 Fina Dhurotul Fitria}, year = {2022}, note = {Pembimbing: Munif Solikhan, MPA}, keywords = {Pengembangan SDM, Covid-19, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51563/}, abstract = {Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai dampak di berbagai sektor, tidak terkecuali terhadap sumber daya manusia di Indonesia. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lembaga pemerintah sebagai wadah layanan masyarakat di bidang ketenagakerjaan, memiliki upaya tersendiri dalam melaksanakan proses pengembangan agar dapat memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat terutama dari sisi sumber daya manusianya ketika masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu triangulasi sumber data. Sumber data diperoleh dari narasumber dari beberapa pegawai dan data yang telah ada pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai lembaga pemerintah yang memiliki peran melayani masyarakat di bidang ketenagakerjaan. Meski berada di masa pandemi Covid-19, akan tetapi lembaga ini tetap melakukan kegiatan pengembangan sumber daya manusia (SDM), terdapat upaya yang tetap dilakukan dalam melaksanakan kegiatan program pengembangan SDM tersebut. Proses pengembangan SDM tersebut dilakukan terdiri dari enam tahapan diantaranya analisis melakukan identifikasi kebutuhan organisasi, penentuan sasaran pelaksanaan program, melakukan penetapan program, melakukan identifikasi prinsip-prinsip belajar, pelaksanaan program pengembangan, dan melakukan penilaian program.} }