eprintid: 51575 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/15/75 datestamp: 2022-07-01 04:15:22 lastmod: 2022-07-01 04:15:22 status_changed: 2022-07-01 04:15:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Nurrohmah, NIM.: 17104080084 title: PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: _literasi_informasi subjects: med_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Literasi Digital, Youtube, Kemandirian Belajar note: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh literasi digital melalui penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa kelas V MI Baiquniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Model penelitian yang digunakan merupakan quasi experiment dengan desain yang digunakan one group pretest -posttest design. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan kemandirian belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan wawancara. sampel yang digunakan adalah kelas V. Penentuan jumlah siswa dihitung melalui rumus slovin, dan diperoleh 29 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan SPSS guna untuk mengetahui besaran pengaruh kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memberikan pengaruh terhadap kemandirian peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,031 yang berarti hipotesis diterima dan hipotesis nol ditolak. Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar kelas V diperoleh 15,1%. Nilai ini bisa dilihat dari R Square yang berjumlah 0,151. Sedangkan untuk hasil dari wawancara digunakan untuk mendapatkan literasi digital dan kemandirian belajar siswa. date: 2022-04-26 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Nurrohmah, NIM.: 17104080084 (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL MELALUI PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V MI BAIQUNIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51575/1/17104080084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51575/2/17104080084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf