eprintid: 5158 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/58 datestamp: 2015-01-28 04:36:28 lastmod: 2016-02-23 07:35:59 status_changed: 2012-05-04 16:47:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIKHYATUL MILLAH, NIM. 05440015 title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Cooperative Learning, Minat, Prestasi Belajar. note: Pembimbing: Siti Fatonah, M.Pd, abstract: ABSTRAK Model Cooperative Learning menuntut siswa untuk aktif, jika didukung dengan minat dan prestasi siswa. Semakin besar minat siswa mengikuti pembelajaran, semakin mendukung pencapaian prestasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan minat dan prestasi belajar IPA kimia kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan sebuah model Cooperative Learning. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua siklus, meliputi langkah-langkah pendahuluan, inti dan penutup. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah semester II tahun pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan adalah data minat belajar dan data prestasi belajar siswa. Data minat belajar diperoleh dari angket minat dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui soal pre-test dan post-test. Data minat belajar kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase, data prestasi belajar siswa menggunakan effect size yaitu dihitung selisih kenaikan nilai rerata siklus II dengan nilai rerata siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA Kimia menggunakan model Cooperative Learning dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran, minat, serta prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dari analisis data di atas terdapat peningkatan minat siswa siklus I ke siklus II dan Prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I nilai rerata pre-test adalah 4,94, nilai rerata post-test adalah 6,28, dengan selisih 1,34, sedangkan pada siklus II nilai rerata pre-test adalah 5,24, nilai rerata posttest adalah 6,84, dengan selisih 1,6, adapun effect size yakni dihitung selisih kenaikan nilai rerata siklus II dengan siklus I adalah 0,26. div date: 2015-01-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE citation: DIKHYATUL MILLAH, NIM. 05440015 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPA ASPEK KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5158/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5158/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf