eprintid: 51594 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/15/94 datestamp: 2022-07-01 07:50:22 lastmod: 2022-07-01 07:50:22 status_changed: 2022-07-01 07:50:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Badrotil Khasanah, NIM.: 18104010023 title: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT ispublished: pub subjects: P subjects: c19 subjects: ev_pend divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI, Pandemi Covid-19, Strategi Pembelajaran note: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag. abstract: Adanya pandemi yang membuat segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk sekolah. Seluruh peserta didik harus belajar dari rumah karena pembelajaran tatap muka ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menjadi latar belakang penelitian ini karena adanya pembelajaran daring masih banyak menimbulkan kendala dalam pembelajaran yang terutama yaitu strategi pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diteliti tentang strategi pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data dengan mengamati sebuah peristiwa (deskripsi). Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang sering digunakan guru PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah strategi pembelajaran information search dan strategi pembelajaran reading comprehension. 2) Evaluasi strategi yang digunakan guru PAI saat pembelajaran berlangsung sudah dianggap baik, karena guru telah memilih strategi yang tepat sehingga bisa membantu siswa untuk bisa memahami materi yang dipelajari. 3) Faktor pendukung strategi pembelajaran PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah orang tua mendampingi anak saat pembelajaran berlangsung, siswa sudah bisa mengoperasionalkan aplikasi whatsapp dan guru sangat sabar dalam menghadapi peserta didik yang susah untuk bergabung digroup whatsapp. Sedangkan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran PAI di SMP PIRI 2 Yogyakarta adalah keterbatasan kuota, susah sinyal dan peserta didik mulai bosan sehingga tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi. date: 2022-03-31 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Badrotil Khasanah, NIM.: 18104010023 (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP PIRI 2 YOGYAKARTA : STRATEGI, EVALUASI, PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51594/1/18104010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51594/2/18104010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf