%0 Thesis %9 Skripsi %A Aliya Rohmani, NIM.: 18104010024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51595 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penilaian, Google Form, Akidah Akhlak %P 154 %T IMPLEMENTASI PENILAIAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51595/ %X Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses akhir dari pembelajaran terdapat sebuah evaluasi yang digunakan untuk melihat tingkat keberhasilan dari pembelajaran yang terjadi. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan juga pandemi yang belum usai. Guru harus dapat memanfaatkan alat komunikasi dalam proses pembelajaran maupun penilaian. Oleh sebab itu guru memilih google form yang lebih mudah dioprasikan. Penilaian menggunakan google form terdapat kendala dan kecurangaan yang bisa saja dilakukan oleh peserta ujian seperti membuka laman lain selain google form. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan proses penilaian menggunakan google form pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam, tingkat keefektivitas penilaian. (2) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi saat proses penilaian menggunakan google form pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam. (3) Mendiskripsikan hasil penilaian menggunakan google form pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Narasumber penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, dan Siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darussalam Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian menggunakan google form telah menggunakan perencanaan yang matang dan sudah disiapkan jauh-jauh hari sehingga penilaian dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. (2) kendala-kendala yang terjadi ketika ujian berlangsung dapat diatasi dengan baik sehingga penilaian dapat berjalan dengan baik sampai waktu penilaian selesai. (3) Penilaian menggunakan google form dinilai efektif digunakan dalam penilaian karena memiliki banyak keuntungan yang dirasakan guru, siswa maupun sekolah. Dalam penilaian menggunakan google form guru juga dapat menilai dari kejujuran siswa dalam mengerjakan soal. %Z Pembimbing: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.