%A NIM.: 18104010044 Bisyri Mustofa %O Pembimbing: Drs. H Ahmad Hanany Naseh M.Ag %T NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU SISWA AKIDAH AKHLAK KELAS X KEMENTERIAN AGAMA 2020 %X Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2022. Dibalik kekayaan dan keanekaragaman di Indonesia yang indah memiliki potensi terbecah belah karena cara pandang keagamaan yang berbeda-beda. Sebagai pilar penting untuk mencegah terjadinya hal tersebut, moderasi beragama memiliki peran penting dalam mengedukasi siswa tentang wawasan keberagaaman yang ideal. Buku siswa merupakan bagain penting dalam proses pembelajaran. Buku ini digunakan sebagai pijakan dasar materi yang dibaca siswa. dalam studi pendahuluan peneliti terhadap buku siswa akidah akhla kelas x kementerian agama 2020 menemukan fakta bahwa terdapat ketidak seimbangan penyususn buku dalam menyampaikan materi yang mengandung empat indikator moderasi beragama. Dari latar belakang tersebut penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang “Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas X Kementerian Agama 2020”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana muatan unsur moderasi beragama dalam buku Akidah Akhlak dan kualitasnya. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Dan analisis data menggunakan Analisis Content (analisis isi). Kemudian untuk indikator dalam menganalisis nilai-nilai moderasi beragama dalam buku aidah akhlak kelas x ini penulis menggunakan empat indikator moderasi beragama yang disusun oleh kementerian agama dan untuk kualitasnya berpijak sepuluh indikator kualitas buku Greene dan Petty. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat materi moderasi beragama dalam buku akidah akhlak kelas X kementerian agama 2020 yang sudah sesuai dengan empat indikator pokok moderasi beragama. (2) kualitas materi yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ini juga sudah sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan kesesuaian kualitasnya berdasarkan sepuluh indikator kualitas buku teori Greene dan Petty. %K Nilai-nilai Moderasi Beragama, Buku Siswa, dan Akidah Akhlak. %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib51605