eprintid: 51606 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/06 datestamp: 2022-07-04 03:09:51 lastmod: 2022-07-04 03:09:51 status_changed: 2022-07-04 03:09:51 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Ubaidillah Hanan, NIM.: 18104010046 title: ANALISIS PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 1 MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: psik_pend divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Psikologis, Kemampuan Peserta Didik, Pembelajaran Fikih note: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi,. M.Si abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Fikih yang pada awalnya dilaksanakan secara luring kemudian dialihkan menjadi daring. Dari berbagai survey yang dilakukan oleh satgas covid-19 menyatakan bahwa 47% anak mengalami kebosanan di rumah, 35% anak merasa khawatir akan ketertinggalan dalam pelajaran, 20% anak merindukan teman-teman sekolahnya, 15% anak merasa tidak aman, dan 10% anak merasa khawatir terhadap perekonomian yang menimpa keluarganya. Hal tersebut berkaitan dengan permasalahan yang peneliti temukan saat melaksanakan praktik PPL di MAN 2 Sleman dimana peserta didik jarang bergaul dan berkomunikasi dengan teman sebayanya, kemudian permasalahan lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran adalah peserta didik kurang memiliki motivasi saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Peristiwa dan proses psikologis ini sangat perlu untuk dipahami dan dijadikan rambu-rambu oleh para guru dalam memperlakukan peserta didik secara tepat. Maka dari itu, peneliti berupaya untuk mengkaji lebih terhadap permasalahan tersebut dan dituangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul “Analisis Psikologis Pembelajaran Fikih Secara Daring Pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta” Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, dimana dalam penelitian ini peneliti menggambarkan suatu situasi atau kejadian. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini antara lain, guru Fikih, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas XII MIPA 1, dan peserta didik kelas XII MIPA 1 MAN 2 Sleman. Pada bagian analisis data peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yakni dengan cara mengumpulkan dan menyusun berbagai data, kemudian dilakukan analisis dan mendapat penafsiran terhadap data tersebut. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman pembelajaran Fikih secara daring pada peserta didik Kelas XII MIPA 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta dapat dikategorikan cukup baik, peserta didik mendapatkan nilai pada ulangan harian dengan rata-rata angka 82,32, peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan seperti menjelaskan materi kembali, menguraikan materi dengan kata-kata sendiri, merangkum, memberikan contoh, dan menyimpulkan 2) Dinamika emosi dalam pembelajaran Fikih secara daring pada peserta didik Kelas XII MIPA 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta ditunjukkan dengan perubahan emosi yang terlihat dari peserta didik dari yang awalnya senang menjadi badmood, malas, bosan, tidak bersemangat yang diakibatkan proses pembelajaran Fikih secara daring 3) Hubungan interpersonal pembelajaran Fikih secara daring pada peserta didik Kelas XII MIPA 1 MAN 2 Sleman Yogyakarta ditunjukkan dengan beberapa perilaku interpersonal seperti merespon baik saat pembelajaran, kemampuan menggunakan ketrampilan berkomunikasi dengan baik, adanya sikap prososial dan keterbukaan dari peserta didik, serta kepekaan dan pemahaman peserta didik dalam mencari pemecahan masalah yang efektif. date: 2022-04-25 date_type: published pages: 167 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Ubaidillah Hanan, NIM.: 18104010046 (2022) ANALISIS PSIKOLOGIS PEMBELAJARAN FIKIH SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 1 MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51606/1/18104010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51606/2/18104010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf