TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh,S.Ag.,M.Si. ID - digilib51607 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51607/ A1 - Naily Anisatus Sholihah, NIM.: 18104010048 Y1 - 2022/06/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi penyandang disabilitas tunagrahita di SLB Islam Qothrunnada. Penelitian ini mencangkup (1) Jenis metode terdahulu yang diterapakan pada pembelajaran PAI, (2) Pelaksanaan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) pada pembelajaran PAI bagi penyandang disabilitas tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita SLB Islam Qothrunnada. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menujunukkan bahwa : (1) Metode yang diterapkan Tanya-jawab dan diskusi. Selama pelaksanaan metode tersebut pendidik tidak mengalami kesulitan ataupun kendala dalam penerapannya. Metode tersebut dinilai sudah efektif di terapkan pada pembelajaran PAI. Kendala yang ditemukan berasal dari kepribadian siswa tunagrahita sendiri, bukan dari metode.(2) Metode BCM mampu diikuti dengan baik oleh siswa penyandang disabilitas tunagrahita. Pendidik tetap memberikan pancingan pertanyaan dalam pelaksanaan metode untuk membantu siswa dalam menyampaikan cerita. Dalam penerapannya, tidak semua materi Pendidikan Agama Islam mampu dipadukan dengan metode BCM PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran PAI KW - Penyandang Disabilitas Tunagrahita M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNAGRAHITA DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA AV - restricted EP - 114 ER -