%0 Thesis %9 Skripsi %A Salsabila Rifdah Qonita, NIM.: 18104010089 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51611 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kesehatan Mental, Motivasi Belajar PAI. %P 137 %T HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN MENTAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI ERA NEW NORMAL COVID-19 SISWA KELAS XI SMKN 1 KASIHAN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51611/ %X Latar belakang penelitian ini adalah kondisi motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di era new normal covid-19 pada siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul. Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor internal, salah satunya adalah faktor psikologis yaitu mengenai keadaan kesehatan mental siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kesehatan mental dengan motivasi belajar PAI di era new normal covid-19 siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul sebanyak 288 siswa yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yaitu dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan skala kesehatan mental dan skala motivasi belajar PAI. Serta menggunakan data sekunder berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis meliputi analisis validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi belajar PAI termasuk dalam kategori “sedang” karena terletak pada interval 42-62 dengan persentase 74.4%, (2) kesehatan mental siswa termasuk dalam kategori “baik” karena terletak pada interval 30-47 dengan persentase 76.7%. (3) Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kesehatan mental dengan motivasi belajar PAI di era new normal covid-19 siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul dengan ( xyr = 0,299, p (two tailed) = 0,000 < 0,01). %Z Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si