TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag, M.Ag ID - digilib51613 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51613/ A1 - Windi Novrianti, NIM.: 18104020017 Y1 - 2022/05/31/ N2 - Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kesadaran dalam menerapkan keterampilan berbicara (maharah kalam) berbahasa Arab. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, (1) bagaimana sikap mahasiswa dan keterampilan berbicara (maharah kalam) berbahasa Arabnya? (2) apakah sikap bahasa mahasiswa memberi pengaruh yang signifikan terhadap maharah kalam berbahasa Arab . Penelitian ini merupakan sebuah analisis sikap bahasa yang menggunakan teori Garvin dan Mathiot sebagai acuan pengklasifikasian tingkat sikap bahasa mahasiswa. Subjek penelitian sebanyak 60 mahasiswa yang terdiri dari dua kelas di angkatan 2020. Analisis dilakukan untuk membuktikan bentuk korelasi dan menentukan besar pengaruh dari variabel X dengan bantuan program SPSS 18. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tingkat sikap bahasa mahasiswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 40 mahasiswa (66,7%). Sedangkan pada kategori tinggi 12 mahasiswa (20%) dan kategori rendah berjumlah 8 mahasiswa (13,3%). Tingkat mayoritas maharah kalam mahasiswa berada pada kategori sedang dengan jumlah 45 mahasiswa (75%). Sedangkan pada kategori tinggi 11 mahasiswa (18,3%) dan kategori rendah berjumlah 4 mahasiswa (6,7 %). Hasil akhir menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara sikap bahasa dan maharah kalam mahasiswa dengan 0% kontribusi sikap bahasa terhadap maharah kalam berbahasa Arab mahasiswa S1 PBA. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Maharah Kalam KW - Prodi Pendidikan Bahasa Arab KW - Sikap Bahasa M1 - skripsi TI - PENGARUH SIKAP BAHASA TERHADAP MAHARAH KALAM MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN AKADEMIK 2021/2022 AV - restricted EP - 145 ER -