eprintid: 5162 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/62 datestamp: 2015-01-28 01:47:18 lastmod: 2016-01-27 04:07:57 status_changed: 2012-05-04 16:47:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ESTHERINA SUDIANTI, NIM. 06600029 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektifitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga, Hasil Belajar. note: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si., 2. Suparni, M. Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran konvensional menggunakan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok pretes-posttes kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga dan pembelajaran konvensional menggunakan alat peraga, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 284 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran konvensional menggunakan alat perega. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,017, nilai ini lebih kecil dari 0,025 (0,017 0,025), maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata nilai posttest secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai Mean difference =-0,8826 (mean difference = mean kelas VIIIA Mean Kelas VIIIB) bernilai negatif. Artinya rata-rata nilai kelas VIIIB lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas VIIIA. Dengan demikian berarti rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol. div date: 2015-01-28 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: citation: ESTHERINA SUDIANTI, NIM. 06600029 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5162/2/BAB%20I%2CV%2CDAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5162/1/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf