eprintid: 51622 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/22 datestamp: 2022-07-04 03:46:37 lastmod: 2022-07-04 03:46:37 status_changed: 2022-07-04 03:46:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Zhorif Dhiya Ulhaq, NIM.: 18104020050 title: PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022 ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Media Word Square, Pembelajaran Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai pelajaran Bahasa Arab khususnya tentang pemahaman akan kosakata Bahasa Arab. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan digunakannya media pembelajaran yang ditujukan untuk mendukung dan membantu suatu proses pembelajaran agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Dalam hal ini media yang digunakan adalah media Word Square sebagai salah satu alat untuk membantu meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media Word Square sebagai salah satu sarana pembantu proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Sleman. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka peneliti melakukan penelitian di MTs Ma’arif Darussholihin Sleman dengan jumlah intenstitas pertemuan sebanyak dua kali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Word Square sebagai salah satu sarana pembelajaran Bahasa Arab dalam peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ma’arif Darussholihin Sleman secara benar dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siswa berdasarkan hasil pretest dan hasil post test yang telah dilakukan pada penelitian ini. Selain itu, dengan adanya media Word Square dapat menjadikan proses pembelajaran Bahasa Arab lebih menarik dan tidak membosankan. date: 2022-05-24 date_type: published pages: 174 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Zhorif Dhiya Ulhaq, NIM.: 18104020050 (2022) PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) PADA SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51622/1/18104020050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51622/2/18104020050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf