%0 Thesis %9 Skripsi %A Ranti Apriliani, NIM.: 18104030030 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51625 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Pembelajaran, Guru, Pengenalan H Uruf Anak %P 105 %T METODE GURU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF PADA KELOMPOK A TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51625/ %X Penelitian ini dilaksanakan di TK Bhakti PKK 1 Seyegan, karena pembelajaran disana menggunakan metode pembelajaran bercerita, demonstrasi dan bernyayi untuk meningkatkan pengenalan huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendekskripsikan kemampuan pengenalan huruf siswa kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan, (2) menjelaskan proses penerapan metode pembelajaran guru dalam meningkatkan pengenalan huruf siswa kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan, (3) menjelaskan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan pengenalan huruf siswa A TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa (1) mayoritas siswa kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan memilki kemampuan pengenalan huruf yang baik, meskipun ada beberapa anak yang kemampuannya masih rendah dan mendapatkan bimbingan khusus dari guru, (2) metode pembelajaran dalam meningkatkan pengenalan huruf anak khususnya dalam pengenalan huruf yang digunakan oleh guru kelas adalah metode bercerita, metode demonstrasi dan metode bernyanyi (3) hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan pengenalan huruf anak diantaranya adalah konsentrasi anak yang hanya 10 sampai 15 menit dan faktor lingkungan anak. Implikasi yang dihasilkan berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan yaitu penelitian ini mendukung hasil penelitian-penelitian terdahulu dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan pengenalan huruf anak usia dini. Manfaat teoretik dari penelitian ini diharapkan dapat menambah keilmuan terkait dengan metode pembelajaran dalam meningkatkan pengenalan huruf anak. Sedangkan manfaat praktis dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi, diskusi dan pembanding selanjutnya dalam perencanaan program pendidikan sekolah. %Z Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd