eprintid: 51626 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/26 datestamp: 2022-07-04 04:01:31 lastmod: 2022-07-04 04:01:31 status_changed: 2022-07-04 04:01:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yuni Rismawati, NIM.: 18104030039 title: UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Pendidik, Perilaku Agresif, Anak Usia Dini note: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK BhaktiI PKK 1 Seyegan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (2) faktor yang menjadi penyebab perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (3) upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pendidik dan siswa TK Bhakti PKK 1 Seyegan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk mendapatkan data mengenai siapa anak yang berperilaku agresif dan apa bentuk-bentuk perilaku agresif yang dilakukan, faktor apa yang menjadi penyebab anak melakukan perilaku agresif, dan bagaimana upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak; (2) wawancara untuk mendapatkan data bentuk-bentuk perilaku yang dilakukan anak, faktor apa yang menjadi penyebab anak melakukan perilaku agresif, dan upaya pendidik dalam mengatasi perilaku agresif anak apakah berpengaruh atau tidak berpengaruh terhadap anak, yang diajukan kepada pendidik kelompok A TK Bhakti PKK 1 Seyegan; (3) dokumentasi untuk mendapatkan data perilaku anak dan upaya guru dalam mengatasi anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu tidak mau bersosialisasi, tidak memperhatikan Bu Guru, mengganggu teman, menyubit, menindih, emosi yang sering naik/kurang stabil, berkata yang tidak baik untuk mengejek teman, merebut, melototi, dan mendorong temannnya; (2) faktor yang menyebabkan perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu lingkungan keluarga dan youtube; (3) upaya pendidik dalam mengatasi perilaku anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan yaitu memberikan saran dan nasihat, bercerita, aturan di kelas, pemberian tugas, bekerja sama dengan orang tua, permintaan maaf, permainan, membuat kondisi kelas menjadi menyenangkan, serta memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan keinginannya. Dari semua upaya tersebut, upaya memberikan aturan di kelas kurang berpengaruh dalam mengatasi perilaku agresif anak usia 4-5 tahun di TK Bhakti PKK 1 Seyegan. date: 2022-06-09 date_type: published pages: 132 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yuni Rismawati, NIM.: 18104030039 (2022) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BHAKTI PKK 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51626/1/18104030039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51626/2/18104030039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf