eprintid: 51627 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/27 datestamp: 2022-07-04 04:07:32 lastmod: 2022-07-04 04:07:32 status_changed: 2022-07-04 04:07:32 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Karina Kusumawati, NIM.: 18104030041 title: PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub subjects: kar_ subjects: kis_ah divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Penanaman Karakter Religius, Pembelajaran Kisah Al-Qur’an. note: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag abstract: Latar belakang penelitian ini berangkat dari sebuah permasalahan di TK Pertiwi No. 26 Jambidan yang masih terdapat beberapa peserta didik yang mempunyai kebiasaan-kebiasaan kurang baik, seperti ketika selesai bermain menggunakan alat permainan edukatif (APE) anak masih belum mau membereskan mainan yang telah digunakan dan langsung meninggalkannya, memukul temannya, menyembunyikan alat tulis temannya, beberapa anak masih ada yang membentak orang tuanya di sekolah, berkata kurang sopan dan berani kepada guru, ketika melakukan kesalahan anak tidak mau meminta maaf dan bersalaman. Oleh karena itu, guru melakukan penanaman karakter religious melalui pembelajaran kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menanamkan pembelajaran kisah-kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an dalam proses penanaman karakter religius pada peserta didik di TK Pertiwi No. 26 Jambidan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan deskriptif analisis dengan mendiskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam proses pelaksanan pembelajaran kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa beberapa peserta didik yang pada mulanya memiliki karakter kurang baik, sudah mulai terlihat memiliki perubahan setelah adanya penanaman karakter religious melalui pembelajaran kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Hal tersebut dapat dilihat ketika kegiatan pembelajaran di sekolah. Anak mulai patuh, berbakti, dan tidak membentak-bentak kepada orang tua, berkata sopan dan menghormati kepada orang yang lebih tua, tidak memiliki sifat pendendam, dapat mengenal suatu hal yang baik dan buruk seperti mau meminta maaf apabila melakukan kesalahan serta saling memaafkan. date: 2022-04-26 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Karina Kusumawati, NIM.: 18104030041 (2022) PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN DI TK PERTIWI NO. 26 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51627/1/18104030041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51627/2/18104030041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf