TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H.Suismanto, M.Ag ID - digilib51628 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51628/ A1 - Wulan Eldasari, NIM.: 18104030047 Y1 - 2022/05/30/ N2 - Penelitan ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi> dalam menghafal Al-QurŽan di Madrasah Tahfiz Anak Al Munawwir Komplek Q Krapyak, Yogyakarta. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi metode talaqqi> dalam menghafal Al-QurŽan di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak Al Munawwir Komplek Q Krapyak, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini Ketua Madrasah, Sekretaris Madrasah, dan 4 pembimbing ngaji. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi> dalam menghafal al-QurŽan di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak Al Munawwir Komplek Q dilakukan dengan 3 tahap yaitu pembukaan, kegiatan inti, dan penutupan. Pembukaan dilakukan oleh pembimbing dengan mempersiapkan Al-QurŽan dan bolpoin kemudian mengabsen santri yang sudah antri. Kegiatan inti dilakukan dengan santri yang antri pertama langsung setoran hafalan kepada pembimbing, selanjutnya jika sudah selesai maka pembimbing akan membacakan ayat yang akan dihafalkan selanjutnya santri mengikuti bacaan pembimbing tadi, terakhir santri membaca yanbu?a sesuai dengan jilid pencapaian santri. Terakhir kegiatan penutupan santri yang sudah selesai setoran, diminta untuk mengulang bacaan ayat yang sudah ditalaqqi> pembimbing tadi sampai kurang lebih 7 kali dan jika sudah selesai maka membaca do?a penutup al-Qur?an. Adapun faktor penghambat yang ada di Madrasah Tah{fi>z{ Putri Anak adalah waktu, mood anak yang naik turun, dan fokus anak. Faktor pendukungnya adalah tenaga pendidik yang professional sesuai dengan bidangnya, sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang mendukung, semangat anak yang tinggi, jadwal kegiatan yang mendukung, usia anak yang bisa dibilang masih masa keemasan, dan dukungan orang tua. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode Talaqqi KW - Menghafal Al-QurŽan KW - Anak Usia Dini M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM MENGHAFAL AL-QURŽAN DI MADRASAH TAHFIZ PUTRI ANAK AL MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted EP - 120 ER -