@phdthesis{digilib5163, month = {January}, title = {PENERAPAN SYNDICATE GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 05450001 ETIK RAHMAWATI}, year = {2015}, note = {Pembimbing: Drs. Sudjoko M.Si}, keywords = {Syndicate Group, partisipasi dan kemampuan kognitif}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5163/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi Syndicate Group sehingga diharapkan mampu meningkatkan partisipasi dan kemampuan kognitif siswa di kelas X5 semester II MAN I Boyolali tahun ajaran 2009/2010. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 MAN I Boyolali tahun ajaran 2009/2010 Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai partisipasi dan keterlaksanaan Syndicate Group dan lembar soal pre-test dan post test untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa. Analisis data untuk partisipasi siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kualitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Sedangkan untuk data kemampuan kognitif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siklus I dan II, dianalisis dengan menggunakan effect size, yaitu selisih antara rerata post- test siklus II dengan rerata post-test siklus I. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan adanya perbaikan pada proses pembelajaran yaitu dengan meningkatkan pembimbingan dalam diskusi juga penegasan kembali pada siswa tentang langkah- langkah metode diskusi syndicate group pada materi keanekaragaman hayati sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan kemampuan kognitif siswa di MAN I Boyolali. Peningkatan partisipasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang berpartisipasi aktif mengikuti langkah- langkah yang ada pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size 1,41. div } }