eprintid: 51631 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/31 datestamp: 2022-07-04 04:21:31 lastmod: 2022-07-04 04:21:31 status_changed: 2022-07-04 04:21:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sitta Novia Muyassaroh, NIM.: 18104080063 title: PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN ispublished: pub subjects: ev_pend subjects: med_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Hasil Belajar note: Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd. abstract: Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva untuk peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman, (2) adakah pengaruh perhatian peserta didik pada media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman, (3) adakah kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan desain ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas V MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh dengan jumlah 43 peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan penggunaan media canva memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran dengan kategori sangat baik. Setelah dilakukan analisa hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman. Adapun kendala pada saat penggunaan media canva yaitu pada saat pembuatan desain presentasi menggunakan canva harus online artinya harus ada ketersediaan kuota internet setiap saat. Selain itu juga pada saat menampilkan slide canva, tidak bisa bertahap namun langsung satu slide muncul semua tampilan materi yang hendak disampaikan. date: 2022-06-02 date_type: published pages: 189 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sitta Novia Muyassaroh, NIM.: 18104080063 (2022) PENGARUH PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51631/1/18104080063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51631/2/18104080063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf