eprintid: 5164 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/51/64 datestamp: 2013-11-11 04:14:21 lastmod: 2016-12-14 07:33:33 status_changed: 2012-05-04 16:47:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FIFILIA KUSUMAJATI - NIM. 05430002, title: UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Active Learning, Joyful Learning, Effective Learning, Pendekatan Struktural Think Pair Share. note: Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd, 2. Suparni, M. Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencapai pembelajaran aktif (Active Learning), pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) dan pembelajaran efektif (Effective Learning) pada pembelajaran matematika kelas X MAN Wonokromo Bantul dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 MAN Wonokromo Bantul yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share (TPS) sebagai upaya mencapai Active, Joyful, Effective Learning (AJEL). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus. Data diperoleh dari lembar observasi, angket AJEL siswa, catatan lapangan, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dokumentasi dan hasil tes evaluasi siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share dapat mencapai AJEL pada pembelajaran matematika di kelas X MAN Wonokromo Bantul. Penerapan pendekatan ini dalam pembelajaran melalui tiga tahapan yakni siswa belajar mandiri (Think) dilanjutkan tahap belajar kelompok (Pair) dan berbagi (Share). Active Learning atau keaktifan siswa pada pembelajaran dilihat dari semua indikator yaitu siswa telah berani bertanya kepada siswa lain, bertanya kepada guru, mengemukakan pendapat/ gagasan, dan dapat mendiskusikan gagasan sendiri dengan gagasan siswa lainnya dapat dicapai dari penerapan pendekatan struktural Think Pair Share. Dari analisis angket diperoleh hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 58,94%, pada siklus II sebesar 63,75% dan pada siklus III sebesar 63,22%. Pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) dilihat dari semua indikatornya yaitu siswa tidak takut salah, tidak takut ditertawakan, tidak takut dianggap sepele, siswa berani mencoba/ berbuat, berani menanyakan pendapat/ gagasan siswa lain, juga terlihat antusias terhadap pelajaran juga dapat dicapai dalam penelitian ini. Dari hasil analisis angket diperoleh persentase siklus I sebesar 60,01%, pada siklus II sebesar 63,10% dan pada siklus III sebesar 63,69%. Sedangkan, Effective Learning juga dapat dicapai pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share. Berdasarkan hasil tes evaluasi menunjukkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 49,00%, siklus II sebesar 63,89%, dan siklus III sebesar 77,14%. div date: 2010-12-30 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-12-30 12:02:52 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--fifiliakus-4944-1-fifilia-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/99/digilib-uinsuka--fifiliakus-4944-1-fifilia-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5508 ; nama file lama : FIFILIA KUSUMAJATI - NIM. 05430002 UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1573274 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-12-30 12:02:52 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--fifiliakus-4944-1-fifilia-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/99/digilib-uinsuka--fifiliakus-4944-1-fifilia-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=5508 ; nama file lama : FIFILIA KUSUMAJATI - NIM. 05430002 UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1573274 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: FIFILIA KUSUMAJATI - NIM. 05430002, (2010) UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5164/2/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5164/1/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf