TY - THES N1 - Pembimbing: Sudharno Dwi Yuwono, M. Pd. ID - digilib51654 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51654/ A1 - Muhammad Ariq Fakhrizzad, NIM.: 18102020037 Y1 - 2022/06/06/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data wawancara dengan pembina pramuka di MAN 1 Sleman yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa siswa anggota pramuka di MAN 1 Sleman memiliki self efficacy rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok terhadap peningkatan self efficacy siswa anggota pramuka MAN 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperiman menggunakan model pre test and post test one group design. Penelitian ini diawali dengan pengisian pre test oleh responden kemudian diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan metode role playing, dan ditindak lanjuti dengan pengisian post test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya efektivitas bimbingan kelompok dengan metode role playing terhadap self efficacy siswa anggota pramuka. Hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp.Sig (2-tailed) dari hasil uji wilcoxon sebesar 0,005. Nilai 0,005 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan uji frekuensi data, sebanyak 20% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori kurang signifikan, 60% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori signifikan, dan 20% siswa mengalami peningkatan self efficacy pada kategori sangat signifikan. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode role playing efektif dalam peningkatan self efficacy siswa anggota pramuka di MAN 1 Sleman. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - bimbingan kelompok; role playing; self efficacy; pembina pramuka M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA ANGGOTA PRAMUKA MAN 1 SLEMAN AV - restricted EP - 95 ER -