@phdthesis{digilib5166, month = {January}, title = {PENGARUH KEMAMPUAN JARIMATIKA amp;\#8482; DAN TINGKAT PENGGUNAAN JARIMATIKA amp;\#8482; TERHADAP KONSEP DIRI MATEMATIKA SISWA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 04430981 HASAN FAUZI}, year = {2015}, note = {Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd.}, keywords = {Kemampuan Jarimatika amp;\#8482;, Tingkat Penggunaan, Konsep Diri Matematika, Analisis Korelasi Regresi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5166/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dan tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; oleh siswa Jarimatika amp;\#8482; terhadap konsep diri matematikanya di Jarimatika amp;\#8482; Center Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment (eksperimen semu) yaitu jenis penelitian berdasarkan pengelompokan subyek penelitian yang sudah ada tanpa perubahan tidak semestinya dari peneliti. Manipulasi perlakuan terhadap subyek bersifat seragam, tidak dibedakan antara level kelas subyek penelitian. Desain penelitian ini adalah regresi bivariat dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan regresi berganda. Subyek penelitian ini adalah 25 responden peserta aktif kursus Jarimatika amp;\#8482; di Jarimatika amp;\#8482; Center Yogyakarta dari berbagai level kelas. Diantaranya terdiri dari level 1, level 2 dan level 3. Obyek penelitian ini adalah pengaruh antara variabel kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dan tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; oleh siswa dengan konsep diri matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menguji tingkat regresi berganda antara kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dan tingkat penggunaannya terhadap konsep diri matematika. Data penelitian diperoleh dari data hasil angket (quesioner) tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; dan konsep diri matematika serta tes kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dari berbagai level. Data quesioner diambil dari hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Jarimatika amp;\#8482; menyumbang positif terhadap konsep diri matematika siswa dengan uji hipotesis uji F anova menghasilkan F hitung F tabel ( 14,514 3,443 ) dan signifikansi 0,05 (0,001 0,05). Tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; oleh siswa secara empirik terbukti berpengaruh positif terhadap konsep diri matematikanya melalui uji F Anova menghasilkan F hitung F tabel ( 21,029 3,443 ) dan signifikansi 0,05 (0,000 0,05). Hipotesis bahwa kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dan tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; oleh siswa terbukti secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap konsep diri matematikanya. Hipotesis uji F menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar daripada Ftabel yaitu Fhitung Ftabel ( 10,526 3,443 ) dan signifikansi 0,05 (0,001 0,05). Artinya semakin baik kemampuan Jarimatika amp;\#8482; dan semakin intens tingkat penggunaan Jarimatika amp;\#8482; oleh siswa maka semakin positif dan tinggi konsep diri matematikanya. div } }