eprintid: 51667 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/05/16/67 datestamp: 2022-07-04 07:54:48 lastmod: 2022-07-04 07:54:48 status_changed: 2022-07-04 07:54:48 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Indah Rahmadhani, NIM.: 17102040067 title: MANAJEMEN DIGITAL FUNDRAISING DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: M subjects: Zakat divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: digital fundraising; BAZNAS; ZIS; lembaga note: Pembimbing: Dr. Hikmah Endraswati, S.E., M.Si. abstract: Perkembangan komunikasi dan digitalisasi pada saat ini semakin pesat hal tersebut dimanfaatkan oleh berbagai lembaga dan organisasi dalam mengembangkan berbagai program yang dimiliki. Salah satu digitalisasi yang semakin banyak pada saat ini adalah digitalisasi dalam penghimpunan zakat atau biasa disebut dengan digital fundraising. Penerapan digital fundraising di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa saat ini masih ditemukan banyak kekurangan, seperti penghimpunan secara offline mendapatkan jumlah yang sangat tinggi sedangkan digital fundraising mendapatkan jumlah yang masih cukup rendah padahal pada saat ini digital fundraising menjadi sebuah peluang besar. Dari dasar tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Manajemen Digital Fundraising di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam aktivitas digital fundraising di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini.merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan cara pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data yang telah diperoleh kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa yang beralamat di Jl. Sukonandi No.8, Semaki, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan digital fundraising berjalan baik sesuai dengan prinsip fungsi manajemen dengan adanya proses perencanaan yang matang dengan menyusun konsep digital fundraising, menetapan dan menyerahkan tugas kepada tim khusus yang telah dibentuk, kemudian dilakukan sosialisasi secara offline dan online sebagai bentuk pengarahan. Adapun pengawasan sebagai bentuk evaluasi dilakukan dengan dua acara yakni evaluasi secara SDM kepada internal pengurus dalam waktu mingguan dan pengawasan dalam bentuk laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor agar menjadi kontrol apakah kegiatan dilaksanakan dengan optimal atau tidak. date: 2022-05-27 date_type: published pages: 144 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Indah Rahmadhani, NIM.: 17102040067 (2022) MANAJEMEN DIGITAL FUNDRAISING DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51667/1/17102040067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51667/2/17102040067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf