%0 Thesis %9 Skripsi %A Aay Alpiyani, NIM.: 18106000007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51678 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa Tunagrahita, Persegi Panjang %P 154 %T ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TIPE TUNAGRAHITA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51678/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah anak berkebutuhan khusus dengan tipe tunagrahita sedang. Penelitian ini dilakukan di SLB Islam Qothrunnada. Materi yang diteliti pada penelitian ini yaitu persegi panjang. Jenis penelitian ini ialah dekriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB Islam Qothrunnada pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di kelas rombongan Yusuf. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita sedang yang berjumlah 2 orang. Instrumen pengumpulan data terdiri dari peneliti sebagai instrumen utama, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conlusion drawing/verification. Hasil pada penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita sedang di SLB Islam Qothrunnada adalah pada kategori tinggi. Pada tahapan pertama siswa dapat memahami masalah. Pada tahapan kedua siswa mampu menemukan rencana penyelesaian dengan benar. Pada tahapan ketiga siswa mampu menyebutkan langkah-langkah penyelesaian tetapi masih melakukan kesalahan pada proses kalkulasi. Siswa tunagrahita sedang belum mampu mencapai tahapan terakhir karena belum mampu membuat kesimpulan dan memeriksa kembali hasil akhir. %Z Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.