eprintid: 51679 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/79 datestamp: 2022-07-05 02:19:33 lastmod: 2022-07-05 02:19:33 status_changed: 2022-07-05 02:19:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Dwi Rachmanto, NIM.: 18106000016) title: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Pemecahan Masalah, Gaya Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar note: Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian adalah deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E MTs N 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah, skala gaya belajar dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik mempunyai tingkat kemampuan pemecahan masalah yang berbeda. Karakteristik siswa dengan gaya belajar visual yaitu mampu memahami dan menuliskan informasi dari masalah dengan rapi dan teratur, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian karena merupakan perencana yang baik, dalam menyelesaikan masalah siswa mengilustrasikan masalah dengan gambar dan mampu melaksanakan semua strategi selama proses siswa juga mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali karena subjek visual merupakan orang yang teliti. Subjek auditorial mampu memahami dan menuliskan informasi menggunakan narasi dalam menuliskan informasi dari masalah, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian, dalam menyelesaikan masalah siswa cenderung kurang baik namun siswa mampu menjelaskan penyelesaian secara rinci dan dapat menjelaskan masalah dengan kalimat sendiri dengan lancar, siswa juga mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali. Subjek kinestetik menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan menuliskan secara singkat disertai dengan gambar gambar yang mengilustrasikan masalah yang dihadapi dan dapat menjelaskan dengan jelas walaupun perlahan, siswa mampu menyusun rencana penyelesaian dari soal kontekstual yang diujikan, dalam menyelesaikan masalah siswa cenderung kurang rapi dan kurang runtut dan siswa mampu menginterpretasi hasil dan memeriksa kembali. Subjek visual auditorial menuliskan informasi yang diketahui dengan kurang lengkap, siswa merencanakan penyelesaian yang digunakan pada setiap penyelesaian masalah dengan kurang lengkap, siswa memecahkan soal sesuai dengan rencana yang dibuat namun cenderung singkat dan kurang tepat dan Siswa mampu menginterpretasi hasi date: 2022-05-11 date_type: published pages: 295 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dwi Rachmanto, NIM.: 18106000016) (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51679/1/18106000016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51679/2/18106000016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf