<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL"^^ . "Pembelajaran matematika bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki kemampuan matematika, salah satunya adalah penalaran matematis. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan suatu upaya dalam meningkatkan kualitas\r\npembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu upaya berupa\r\npenelitian dengan tujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) untuk\r\nmemfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmetika sosial\r\nyang memenuhi kriteria valid dan praktis.\r\nMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Subjek uji coba produk untuk penilaian modul pembelajaran terdiri dari lima ahli. Sedangkan\r\nsubjek implementasi dalam pembelajaran yaitu siswa kelas VII A MTsN 5 Sleman\r\ntahun ajaran 2021/2022. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan\r\nnilai rata-rata penilaian ahli pada uji kevalidan dan perhitungan persentase ideal\r\nuntuk uji kepraktisan modul.\r\nHasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap analyze\r\nmenghasilkan hasil analisis kebutuhan dan analisis kurikulum yang digunakan\r\nsebagai dasar pengembangan modul. 2) Pada tahap design diperoleh rancangan peta\r\nkebutuhan modul. 3) Hasil tahap develop yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 194,6 dan persentase keidealan sebesar 90,51% dengan kriteria penilaian ahli yang diperoleh “sangat baik”. 4) Hasil tahap implement adalah\r\nketerlaksanaan implementasi modul dalam pembelajaran sebanyak 2 kali pertemuan. 5) Tahap evaluate dilakukan pada setiap tahapan pengembangan\r\nsebagai bahan perbaikan proses pengembangan. Hasil uji kepraktisan berdasarkan\r\nangket respon siswa menunjukkan hasil yang didapat melampaui kriteria minimal, yakni mendapat kriteria “sangat baik” dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar\r\n70,93 dan nilai persentase keidealan sebesar 80,61%. Dari hasil tersebut diperoleh\r\nproduk pengembangan berupa modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman\r\ndengan pendekatan RME untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis\r\nsiswa memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid dan praktis."^^ . "2022-06-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM .: 18106000052"^^ . "Yesi Ismawati"^^ . "NIM .: 18106000052 Yesi Ismawati"^^ . . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Text)"^^ . . . . . "18106000052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Text)"^^ . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI\r\nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME\r\nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #51689 \n\nMODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI \nNILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME \nUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL\n\n" . "text/html" . . . "Media Pembelajaran" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .