eprintid: 51689 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/89 datestamp: 2022-07-05 03:23:54 lastmod: 2022-07-05 03:23:54 status_changed: 2022-07-05 03:23:54 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Yesi Ismawati, NIM .: 18106000052 title: MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Modul Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman, Kemampuan Penalaran Matematis, RME note: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd. abstract: Pembelajaran matematika bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki kemampuan matematika, salah satunya adalah penalaran matematis. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan suatu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu upaya berupa penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Subjek uji coba produk untuk penilaian modul pembelajaran terdiri dari lima ahli. Sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran yaitu siswa kelas VII A MTsN 5 Sleman tahun ajaran 2021/2022. Adapun teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata penilaian ahli pada uji kevalidan dan perhitungan persentase ideal untuk uji kepraktisan modul. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Tahap analyze menghasilkan hasil analisis kebutuhan dan analisis kurikulum yang digunakan sebagai dasar pengembangan modul. 2) Pada tahap design diperoleh rancangan peta kebutuhan modul. 3) Hasil tahap develop yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 194,6 dan persentase keidealan sebesar 90,51% dengan kriteria penilaian ahli yang diperoleh “sangat baik”. 4) Hasil tahap implement adalah keterlaksanaan implementasi modul dalam pembelajaran sebanyak 2 kali pertemuan. 5) Tahap evaluate dilakukan pada setiap tahapan pengembangan sebagai bahan perbaikan proses pengembangan. Hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa menunjukkan hasil yang didapat melampaui kriteria minimal, yakni mendapat kriteria “sangat baik” dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 70,93 dan nilai persentase keidealan sebesar 80,61%. Dari hasil tersebut diperoleh produk pengembangan berupa modul pembelajaran terintegrasi nilai keislaman dengan pendekatan RME untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa memenuhi kriteria ketercapaian, yaitu valid dan praktis. date: 2022-06-02 date_type: published pages: 446 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Yesi Ismawati, NIM .: 18106000052 (2022) MODUL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51689/1/18106000052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51689/2/18106000052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf