eprintid: 5169 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/51/69 datestamp: 2024-03-22 06:34:02 lastmod: 2024-03-22 06:34:27 status_changed: 2012-05-04 16:47:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IKA RAHMAWATI - NIM. 06670013, title: IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL ispublished: pub full_text_status: restricted keywords: Team teaching (pengajaran beregu), pembelajaran kimia. note: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si., M.A. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, tujuan, dan implementasi metode team teaching untuk mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Banguntapan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala serta dampak penerapan metode team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus di mana kasus yang diteliti adalah implementasi metode team teaching di SMA Negeri 2 Banguntapan, Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, analisis dokumen, serta Diskusi Kelompok Terfokus (focus Group Discussion). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Secara umum penerapan metode team teaching di SMA Negeri 2 Banguntapan ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kurikulum, efektivitas pembelajaran, dan tuntutan bagi guru minimal mengajar 24 jam tatap muka. Tujuan dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun pada saat praktikum di laboratorium. Tujuan lain dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk mengoptimalkan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini adalah guru. Metode team teaching yang diterapkan di SMA Negeri 2 Banguntapan pada dasarnya mengikuti jenis semi team teaching. Dampak yang dirasakan oleh guru dari penerapan metode team teaching ini adalah guru lebih siap dalam proses pembelajaran, terbentuk kerja sama yang baik antara kedua guru, serta guru dapat lebih meningkatkan kemampuan mengajarnya karena mendapat saran dari timnya. Di samping itu proses pembelajaran dapat lebih maksimal dan terpenuhinya beban mengajar minimal 24 jam dalam satu minggu untuk guru yang sudah disertifikasi. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh siswa sendiri adalah motivasi siswa semakin meningkat. div date: 2010-12-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-12-31 10:20:48 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ikarahmawa-4949-1-ikarahm-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/99/digilib-uinsuka--ikarahmawa-4949-1-ikarahm-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5512 ; nama file lama : IKA RAHMAWATI - NIM. 06670013 IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1159429 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-12-31 10:20:48 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ikarahmawa-4949-1-ikarahm-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/99/digilib-uinsuka--ikarahmawa-4949-1-ikarahm-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=5512 ; nama file lama : IKA RAHMAWATI - NIM. 06670013 IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1159429 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IKA RAHMAWATI - NIM. 06670013 (2010) IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5169/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5169/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf