eprintid: 51690 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/05/16/90 datestamp: 2022-07-05 03:27:11 lastmod: 2022-07-05 03:27:11 status_changed: 2022-07-05 03:27:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Noviyanti Dwi Astuti, NIM.: 18106070001 title: PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Permainan Tradisional Congklak, Konfigurasi Elektron. note: Pembimbing: Laili Nailul Muna M.Sc abstract: Materi kimia tersusun dari materi yang disajikan secara konkrit dan abstrak sehingga dianggap cukup sulit bagi sebagian besar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Struktur atom, partikel atom, partikel materi, ikatan kimia, dan mekanisme reaksi adalah materi yang abstrak dan sangat teoretis. Materi ini merupakan dasar dari materi lainnya. Tanpa menguasai materi struktur atom, siswa akan kesulitan memahami sifat-sifat unsur atau molekulnya serta keteraturannya dalam tabel periodik. Konsep-konsep dalam struktur atom, seperti penentuan konfigurasi elektron, bilangan kuantum, dan sistem periodik unsur merupakan konsep yang abstrak, sehingga perlu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media permainan tradisional congklak pada materi konfigurasi elektron .Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan dua peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, tiga guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 94,30% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 95,50% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia MAN 1 Kulon Progo dan MAN 2 Kulon Progo mendapatkan persentase 94,82% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan tradisional congklak dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi konfigurasi elektron untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. date: 2022-05-23 date_type: published pages: 136 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Noviyanti Dwi Astuti, NIM.: 18106070001 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFIGURASI ELEKTRON DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51690/1/18106070001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51690/2/18106070001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf