%0 Thesis %9 Skripsi %A Rahmawati, NIM.: 18106070024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2022 %F digilib:51693 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Adobe After Effect, Penelitian Pengembangan, Termokimia, Video Animasi %P 168 %T PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI ADOBE AFTER EFFECT BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI TERMOKIMIA SMA/MA KELAS XI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51693/ %X Perkembangan teknologi pada aspek pendidikan masih terdapat permasalahan yaitu belum maksimalnya dalam memanfaatkan teknologi. Pendidik harus mampu mensinergikan teknologi pada proses pembelajaran yaitu melalui metode dan media yang kreatif dan inovatif. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat memenuhi peserta didik adalah video animasi adobe after effect. Materi termokimia erat kaitannya dengan konsep yang abstrak dan perhitungan, sehingga sering menimbulkan miskonsepsi. Oleh karena itu, membutuhkan media yang dapat memberikan penjelasan secara faktual, konseptual, dan prosedural yang memerlukan perulangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik video animasi adobe after effect berbasis audiovisual pada materi termokimia dan mengetahui kualitas video animasi adobe after effect berbasis audiovisual pada materi termokimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) dengan tahapan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, tiga reviewer (pendidik kimia), dan di respon oleh 10 peserta didik. Penilaian kualitas produk ini dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli yang sesuai dengan bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala likert sedangkan respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala guttman. Produk yang dihasilkan berupa media video animasi yang berbentuk .mp4 dan memuat materi termokimia. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase sebesar 84,375% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media mendapatkan presentase sebesar 78,57% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan reviewer mendapatkan presentase sebesar 96,2% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk direspon positif oleh peserta didik dengan presentase sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil penilaian, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran kimia materi termokimia. %Z Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.